Sekilas Ponpes Al-Aqsho - Pesantren Al-Aqsho Babat - Lamongan

KABAR BARU

Post Top Ad

PONDOK PESANTREN PUTRI AL-AQSHO BABAT LAMONGAN

Rabu, 13 Februari 2019

Sekilas Ponpes Al-Aqsho

Pesantren Putri Al-Aqsho didirikan pada tahun 2007 yang dilatarbelakangi oleh Niat serta keikhlasan hati dalam melanjutkan untaian tali dakwah Rasulullah SAW. Pondok Pesantren ini untuk berkedudukan di Jl. Pramuka 137 Babat - Lamongan .
Pesantren ini di asuh oleh KH. Muchlis Sulaiman, Tokoh agama di Tingkat Kabupaten Lamongan, Mantan Anggota DPRD Lamongan selama 20 Tahun, dan juga Mantan Anggota MUI Kabupaten Lamongan.
Dalam upaya menciptakan kader islami, Pondok Pesantren Putri Al-Aqsho memberikan materi kepada santri yang meliputi takhasus Al Qur'an, Tahfidz Al Qur'an, Kajian Tafsir Al Qur'an, Kajian Hadist, Kajian Fikih dan Bahasa Arab. Sedangkan pembelajaran Pondok Pesantren ini adalah menggunakan sistematika Al Qur’an dan hadits. Menjadikan Al Qur’an dan sunnah rasul hidup berjalan seiring dengan aktivitas kehidupan sehari-hari, Al Qur’an adalah petunjuk tuntunan hidup yang di dalamnya mengandung hukum-hukum yang mengikat dan wajib untuk ditegakkan. Cara penerapan dan penyebar-luasannya mengikuti teladan dari Nabiyullah Muhammad SAW. Santri dididik untuk memahami dan menerapkan Al Qur’an dan hadist dalam hidup kesehariannya, serta menyebarluaskannya.
Metode pembelajaran yang diterapkan pada Pesantren Putri Al-Aqsho lebih ditekankan pada Adab serta sikap yang tercermin pada sosok Rasulullah dimana alqur’an dan Assunnah menjadi landasan dalam berfikir, berdzikir, serta tidak terlepas dalam aktifitas dan kreatifitas islami.
Dalam kedudukannya sebagai lembaga pendidikan Pesantren Islam, Putri Al-Aqsho telah berhasil mengantarkan Beberapa santrinya untuk melanjutkan studynya pada jenjang atas setara perguruan tinggi dalam negeri maupun ke luar negeri.
Keberadaan pesantren Putri Al-Aqsho telah dirasakan kemanfaatannya ditengah masyarakat, khususnya masyarakat sekitar pesantren dan beberapa lembaga dakwah islam yang ada di Kecamatan Babat ataupun yang ada di daerah Kabupaten lamongan .
Upaya membantu tercapainya tujuan pendidikan kader islam ditengah masyarakat yang kurang mampu, maka dalam hal pendaftaran santri, Pondok Pesantren Putri Al-Aqsho santri mendapat fasilitas tanggungan biaya sekolah non formal, makan dan kebutuhan lainnya. Syarat masuk ke Pondok Pesantren ini adalah mempunyai Surat Izin dari Orangtua / Wali santri, mau belajar di sekolah non formal dan mau belajar agama, berkeinginan kuat untuk menjadi hamba Allah yang sholeh. Jika syarat itu telah terpenuhi maka calon santri akan diterima menjadi santri di Pondok Pesantren Putri Al-Aqsho, tidak ada proses seleksi, karena tujuannya adalah memberikan kesempatan yang luas bagi anak yang ingin belajar agama dan memperoleh predikat taqwa dan bermanfaat dunia akhirat.
Saat ini santri Pondok Pesantren Putri ‘Al-Aqsho yang mukim (mondok) sebanyak 80 orang dimana keseluruhannya adalah Perempuan yang berasal dari Daerah Lamongan dan sekitarnya. jumlah santri yang hanya datang di setiap pelajaran tertentu sebanyak 90 orang.
Sumber pembiayaan sampai saat ini hanya berasal dari spp bulanan santriwati dan sumbangan sukarela dari masyarakat sekitar. Sampai saat ini pondok pesantren belum memiliki bentuk usaha yang produktif ataupun bantuan dari instansi pemerintah untuk pembiayaan mandiri dalam segala kegiatan Untuk memenuhi perannya secara optimal dalam mewujudkan fungsinya sebagai Lembaga Dakwah, Sosial Dan Pendidikan.
Mengingat latar belakang Pondok Pesantren Putri ‘Al-Aqsho di atas akan terus berupaya mengembangkan sayap untuk mewujudkan jati diri sebagai wadah lembaga Islami agar mampu berfungsi secara efektif sebagai lembaga pusat dakwah islam, pendidikan dan pelayanan umat. Hal ini ditandai dengan telah tersedianya lahan Seluas 30 m x 32 m yang terletak di JL. Pramuka 137 Babat - Lamongan yang masih dalam Tahap perencanaan Pembangunan. Lahan inilah untuk kemudian hari akan menjadi Pusat dakwah dan pendidikan Pondok Pesantren Putri ‘Al-Aqsho. Insya Allah, Niat dan Ridho Allah dan Rasulullah Mengiringi Tahap Pembangunan Pusat Dakwah dan Pondok Pesantren Putri ‘Al-Aqsho. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar